UNBK MA Ma’arif Grabag 2018

Pelaksanaan UNBK MA Ma’arif Grabag tahun ini akan dilaksanakan pada Senin, 9 April 2018 jadwal tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan UAMBN-BK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer) dari Kemenag, Selain pelaksanaan Mandiri MA Ma’arif Grabag juga harus mengatur waktu serta penjadwalan dikarenakan pelaksanaan UAMBN-BK dan UNBK MTs juga dilaksanakan di MA MA’arif Grabag , untuk tahun ini MTs 2 Grabag.

MA MA’arif Grabag sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri Tahun Pelajaran 2016/2017, meski dengan kondisi ruang dan mungkin alokasi dana yang terbatas tetapi MA Ma’arif Grabag tetap bisa ikut mensukseskan UNBK, Untuk tahun ini pelaksanaan UNBK diikuti oleh 51 siswa dari 2 jurusan (IPA dan IPS). Pelaksanaan UNBK tidak serta merta langsung dilaksanakan akan tetapi melalui beberapa tahap yang pertama Diklat Proktor (orang yang bertanggungjawab mengendalikan server untuk sebuah sekolah. “Sistem UNBK semi online) dan Teknisi (orang yang menguasai bidang teknologi) serta pelaksanaan Simulasi UNBK sampai 3 kali yang dilakukan sehingga diharapkan pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

Pemerintah mengadakan program UNBK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan utamanya untuk program ujian nasional, adanya sistem yang terintegrasi langsung dengan aplikasi – aplikasi pendidikan lainnya seperti DAPODIK, E-Raport dan lain sebagainya akan mempermudah sekolah untuk melakukan pelaksanaan kegiatan ujian nasional. Akan tetapi butuh sumber daya lebih agar bisa melaksanakan kegiatan UNBK dengan lancar utamanya dari sisi sumber daya manusia dan juga perangkat pendukung komputer.

Fungsi UNBK yang lain yaitu dapat meredam banyak kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga akan mempu untuk menumbuhkan minat belajar dikalangan siswa. Hal ini dikarenakan siswa tidak lagi mengandalkan bocoran kunci jawaban pada saat mengikuti ujian nasional, sehingga mau tidak mau mereka akan berusaha untuk dapat lulus dalam ujian nasional yang dihadapi.

Selain itu tujuan UNBK kedepannya adalah dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan diharapkan nilai kelulusan nantinya bisa dijadikan patokan untuk jenjang pendidikan berikutnya, jadi tidak ada lagi test penerimaan siswa atau mahasiswa baru agar dapat menghemat biaya, semua mengacu pada nilai akhir kelulusan. Semoga tahun ini pelaksanaan UNBK di MA Ma’arif Grabag berjalan dengan lancar…

Amiin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.